3 Permainan Mendidik Untuk Anak Usia Sekolah Dasar

Ketika anak-anak sudah memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar, tentu diharuskan untuk belajar dengan lebih baik lagi. Terlebih ketika banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Namun sebagai orang tua, anda juga perlu menyeimbangkan antara waktu belajar dan waktu bermain, sebab tak dapat dipungkiri jika  anak usia sekolah dasar masih dalam masa pertumbuhan. Untuk itu berikut 3 permainan positif dan mendidik yang dapat anda ajarkan ke anak:

  1. Membantu menemukan bakat dan minat anak dengan beramain peran profesi

Meskipun seringkali dimainkan oleh anak perempuan, namun juga tak jarang ada beberapa anak laki-laki yang juga memainkannya. Bermain peran ini akan membuat anak seolah-olah mengikuti pekerjaan dan gaya dari profesi tertentu, seperti guru, dokter, polisi dan sebagainya. Sebelum bermain, anak harus membayangkan terlebih dahulu profesi apa yang ingin dipilih ketikan besar nanti. Meskipun sederhana, tetapi permainan ini dapat mengajarkan anak-anak memiliki sikap sosialisasi terhadap teman bermainnya dan lingkungan sekitar.

  1. Meningkatkan kerjasama tim dan sosialisasi dengan bermain mencari harta karun

Mencari harta karun merupakan salah satu permainan yang cukup menarik bagi anak-anak usia sekolah dasar. Saat bermain, anak-anak akan dikumpulkan dan dibagi menjadi kelompok-kelompok tertentu. Pada setiap kelompok harus memiliki kerjasama yang baik agar dapat menemukan harta karun yang tersembunyi. Jika ada salah satu kelompok yang berhasil menemukan harta karun tersebut, maka tidak ada salahnya member penghargaan atau hadiah karena berhasil menyelesaikan misi dengan baik. Permainan ini dapat meningkatkan kerjasama tim, sosialisasi dan juga merangsang gerak motorik pada anak-anak.

  1. Membantu anak belajar dalam memecahkan masalah dengan bermain puzzle

Puzzle merupakan permainan yang banyak digemari oleh anak-anak. Bahkan sampai saat ini, permainan puzzle tetap cocok jika dimainkan oleh anak-anak sekolah dasar. Dalam permainan ini anak harus mampu memecahkan susunan puzzle agar dapat membentu pola yang sesuai. Beberapa manfaat dari bermain puzzle bagi anak-anak sekolah dasar antara lain melatih kesabaran, meningkatkan daya ingat, belajar memecahkan masalah, mengembangkan koordinasi antara mata dan tangan, serta mengembangkan keterampilan motorik.

Scroll to top